fbpx

Ini Dia Biaya Pemakaman di Jakarta

Setiap orang pasti akan mengalami kematian entah kapan itu terjadi. Setelah meninggal, orang tersebut akan menjalani proses pemakaman sesuai dengan agama yang dianut semasa hidupnya.

sebagian besar masyarakat di indonesia jika sudah meninggal akan dikubur di dalam tanah. Proses pemakaman orang yang sudah meninggal tersebut adalah menjadi kewajiban bagi keluarga yang ditinggalkan.

Sehingga, keluarga tersebutlah yang akan menanggung biaya pemakaman sekaligus sewa makam yang harus selalu di perpanjang, jika makam tidak ingin di tindih oleh jenazah makam orang lain.

biaya pemakaman di Jakarta

Meski hal ini sedikit memberatkan karena masih harus mengeluarkan biaya sewa makam, tetapi di Jakarta hal ini sudah menjadi kewajiban. Bahkan, biaya pemakaman di Jakarta sudah tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2012 tentang retribusi daerah. Meski begitu, banyak masyarakat yang justru tidak peduli dengan peraturan tersebut. Hal ini dimanfaatkan oleh oknum atau calo tanah pemakaman yang melakukan praktik jual beli lahan makam ilegal.

Untuk menghindari adanya calo seperti itu, masyarakat harus tahu berapa besaran biaya pemakaman secara rinci.

Berikut adalah besaran biaya pemakaman di Jakarta untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun :

  • Blok AA. I Rp 100.000
  • Blok AA. II Rp 80.000
  • Blok A.I Rp 60.000
  • Blok A.II Rp 40.000
  • Blok A.III Rp 0

Besaran biaya pemakaman tersebut memang menyesuaikan kategori pembagian blok. Blok AA.I memiliki tarif paling tinggi yaitu sebesar Rp 100.000, untuk jangka waktu tiga tahun.

Setelah tiga tahun, maka keluarga harus melakukan perpanjangan dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Tiga tahun pertama sebesar 50% dari besarnya retribusi
  • Tiga tahun berikutnya berlaku tarif normal atau sebesar 100% dari besarnya retribusi
  • Pengajuan perpanjangan sewa makam adalah paling lama tiga tahun setelah sewa makam tanah berakhir.
  • Jika tidak melakukan perpanjangan sewa tanah setelah melewati jangka waktu tiga tahun, maka akan digunakan untuk pemakaman jenazah baru.

Untuk contohnya, bisa diilustrasikan sebagai berikut :

  • Biaya sewa makam 2015-2018 (tiga tahun) adalah Rp 100.000
  • Retribusi perpanjangan sewa tiga tahun pertama (2018-2021) adalah sebesar Rp 50.000 (50% x Rp 100.000)
  • Sewa untuk tiga tahun kedua (2021-2024) dan tiga tahun berikut-berikutnya yaitu 100 persen dari biaya awal sebesar Rp 100.000

Selain biaya sewa makam di atas, ada juga biaya lainnya yang terdiri atas :

  • Peralatan perawatan jenazah sebesar Rp 75.000.
  • Tarif pemakaian kendaraan jenazah beserta kelengkapannya sebesar Rp 100.000 untuk sekali pakai di dalam kota. Untuk pemakaian di luar kota, besaran tarifnya sebesar Rp 1.500/KM.
  • Tempat pemakaman biasanya juga sering digunakan untuk kegiatan shooting film. Untuk tarif sewa sebagai lokasi shooting film adalah sebesar Rp 1.000.000 perlokasi untuk jangka waktu satu sampai dua hari.

Untuk proses pengurusan biaya pemakaman di Jakarta ini bisa dilakukan lewat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) kelurahan sesuai domisili. Berikut adalah tata caranya :

  1. Melapor kepada ketua RT dan RW
  2. Mendatangi puskesmas untuk mendapatkan Surat Keterangan Pemeriksaan Jenazah
  3. Melaporkan surat tersebut ke kelurahan untuk mendapatkan Surat Keterangan Kematian
  4. Ahli waris memesan tempat ke taman pemakaman umum sesuai dengan KTP
  5. Ahli waris menyelesaikan administrasi ke Bank DKI, setelah itu bisa mendapatkan Surat Izin Penggunaan Tanah Makam (IPTM) yang akan berlaku selama jangka waktu 3 (tiga) tahun

Masyarakat perlu berhati-hati agar bisa menghindari para oknum yang berbuat nakal. Padahal, para oknum tersebut berpotensi akan mendapatkan ancaman penjara tiga bulan atau denda maksimal Rp 50.000.000 karena telah melanggar peraturan daerah tentang tarif retribusi daerah.

Kategori info
Telepon