Ini Dia Syarat Untuk Mengurus Pemakaman di Tempat Pemakaman Umum

Saat anda saudara atau kerabat anda yang meninggal dunia, maka jangan tunda untuk mencari tahu syarat dalam mengurus tempat pemakaman umum dan mengurus jenazah agar proses pemakaman bisa segera diselesaikan.

Meninggalkan saudara atau kerabat tentu saja menjadi berita duka yang mendalam. Akan tetapi jangan kemudian anda melupakan hal yang paling penting yaitu segera menunaikan hak jenazah bagi orang yang telah meninggal.

Salah satunya ialah dengan mengurus pemakaman yang seharusnya secepat mungkin. Sehingga proses pemakaman yang akan dilakukan bisa berjalan dengan lancar.

Dalam melakukan proses pemakaman tentu saja harus dilakukan dengan cara-cara yang disyaratkan. Sehingga anda bisa memberikan hak hak bagi orang yang meninggal dunia dengan baik.

Perlu anda ketahui bahwa dalam pengurusan pemakaman di berbagai wilayah atau berbagai daerah memiliki perbedaan masing-masing. Termasuk jika anda tinggal di kota besar yang padat dengan penduduk, maka anda harus bisa segera mengurus berbagai keperluan pemakaman jenazah yang akan dilakukan tempat pemakaman umum atau sering juga dikenal dengan sebutan TPU.

Hal ini tentu saja dimaksudkan agar proses pemakaman jenazah menjadi tertib dan tidak merugikan pihak lain atau masyarakat secara umum. Maka agar proses pemakaman jenazah kerabat atau saudara anda bisa segera dilakukan dengan cepat dan tanpa ada halangan apapun, sangat dianjurkan agar anda memperhatikan beberapa hal berikut ini. Diantaranya ialah sebagai berikut ini.

Dimana langkah berikut ini adalah langkah yang dibutuhkan jika pihak keluarga yang melakukan pengurusan. Pihak keluarga yang dimaksud ialah pihak keluarga yang masih terdaftar dalam satu Kartu Keluarga atau satu KK. Jika pihak keluarga yang melakukan pengurusan berada diluar dari Kartu Keluarga atau KK, maka Anda pengurusan yang dilakukan harus dengan menggunakan Surat Kuasa.

Artikel Terkait  Beberapa Hal Yang Menjadikan San Diego Hills Kuburan Terindah Di Indonesia

Beberapa langkah tersebut diantaranya ialah sebagai berikut ini:

  • Siapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan

Tentu ada banyak sekali dokumen yang harus segera dilengkapi dan harus dipersiapkan. Diantaranya ialah sebagai berikut ini:

  • Kartu Tanda Penduduk atau KTP asli dari pihak yang meninggal dunia kemudian fotokopi ktp tersebut sebanyak 10 lembar. Apabila KTP ini hilang atau tidak dapat ditemukan, maka Anda wajib melakukan pengurusan ini hingga ke Polres untuk membaut surat kehilangan. Setelah itu anda harus menggandakan surat tersebut sebanyak 10 lembar juga.
  • Kartu Keluarga atau KK asli dan kemudian digandakan atau difotokopi sebanyak 10 lembar
  • Kartu Tanda Penduduk atau KTP asli anda sebagai pihak yang melakukan pengurusan untuk pemakaman jenazah. Kemudian jangan lupa anda fotokopi ktp sebanyak 10 lembar
  • Kartu Tanda Penduduk atau KTP dari ahli waris atas harta warisan yang ditinggalkan kemudian fotokopi ktp dari ahli waris masing-masing sebanyak 10 lembar. Ahli waris disini adalah orang yang melakukan pengurusan pemakaman yang bukan merupakan orangtua atau saudara yang lebih tua.
  • Kartu Tanda Penduduk atau KTP dari saksi yang difotokopi sebanyak 5 lembar. Saksi ini adalah keluarga terdekat yang memiliki hubungan darah dengan jenazah atau bisa juga tetangga yang terdekat.
  • Surat Keterangan Kematian atau visum dari rumah sakit
  • Bawa semua berkas atau dokumen ke tempat pemakaman umum atau TPU. Pastikan anda membawanya ke TPU resmi.

Langkah dalam mengurus pemakaman di tempat pemakaman umum ini akan menjadi berbeda jika pihak Antar Jempur Ijin Bermotor atau AJIB yang melakukan pengurusan. Pengurusan semacam ini bisa dilakukan jika terjadi berbagai hal yang sangat mendesak.

Kategori info
info diskon? chat dengan saya