Jenis dan Harga Nisan Makam

Makam orang yang telah meninggal biasanya akan ditandai dengan sesuatu sebagai tanda siapa yang dimakamkan di situ. Dahulu, makam dibiarkan begitu saja tanpa tanda apapun atau ada juga yang beri kayu atau sebagai penanda.

Seiring dengan perkembangan zaman, makam semakin diperhatikan salah satunya dengan ditambahkannya kayu atau batu bertuliskan nama orang yang dikubur di situ. Tidak hanya itu, kayu atau batu tersebut juga diberi tulisan nama, tanggal lahir dan tanggal wafat, serta nama wali dari orang yang dikebumikan di makam tersebut.

Bahkan, ada juga makam yang mendapatkan lokasi tertentu seperti rumah kecil. Biasanya makam tersebut diperuntukkan bagi tokoh-tokoh masyarakat atau pahlawan yang berasal dari daerah tersebut. Makam tersebut biasanya juga sering dijadikan objek wisata yang sering dikunjungi oleh para peziarah, baik dari daerah tersebut sendiri maupun dari kota lain.

Kini, kebanyakan makam diberi tanda berupa nisan. Nisan tersebut juga diberi nama, tanggal lahir dan tanggal wafat, serta nama salah satu orang tua dari orang yang dikebumikan di situ. Harga nisan makam sendiri juga cukup beragam menyesuaikan jenis dari nisan makam tersebut.

Berbagai jenis nisan makam terus berkembang dengan motif yang semakin beragam dan menarik. Hal ini juga yang mempengaruhi harga nisan makam yang dijual. Untuk jenisnya sendiri juga cukup bervariasi, mulai dari nisan patok, nisan buku, nisan kotak, nisan kristen, dan masih banyak lagi jenis dan desain dari nisan yang berkembang saat ini.

batu nisan makam

Kebanyakan bahan yang digunakan untuk membuat berbagai jenis nisan makam adalah batu marmer dan batu granit. Kedua batu tersebut memiliki kualitas yang sama baiknya. Baik batu marmer maupun batu granit mampu bertahan lama sehingga tidak mudah pecah atau rusak.

Artikel Terkait  Jenis Batu Granit San Diego Hills

Batu marmer sendiri merupakan salah satu jenis batuan metamorf atau malihan. Proses terbentuknya batuan marmer ini terjadi karena diakibatkan oleh proses metamorfosis batu kapur atau batu gamping.

Sebagai batu yang memiliki tampilan yang indah, tak heran jika batu marmer banyak digunakan sebagai hiasan di rumah untuk menambah keindahan rumah baik di dalam maupun di luar rumah. Marmer juga memiliki sifat tanah lama dan juga mudah dipahat sehingga bisa dibentuk menjadi beragam hiasan dan dekorasi bangunan.

Batu marmer biasanya dibentuk menjadi komponen lantai, meja, jendela, kamar mandi, piala, vandel, patung, hingga nisan makam.

Batu marmer dipilih menjadi bahan pembuatan nisan dengan berbagai macam model antara lain sebagai berikut :

  1. Batu Nisan Marmer Kotak

    Model ini memiliki bentuk kotak tebal dan hanya ditempatkan di bagian kepala makam. Sementara bagian lainnya terdiri atas bangunan batu bata dan semen yang dilapisi keramik.

  1. Batu Nisan Teraso dan Marmer

    Nisan model ini terbuat dari dua bahan yaitu teraso dan marmer. Jadi, nisan tersebut terbuat dari teraso yang diberi kotak plat dan dibagian tengah baru terbuat dari marmer.

  1. Batu Nisan Marmer Ukir

    Sifat dari marmer memang memiliki corak yang indah dan mudah untuk dipahat atau diukir. Hal ini dimanfaatkan oleh para pengrajin yang kemudian memiliki ide untuk mengukir nisan marmer sehingga terlihat lebih indah.

  1. Kijingan Marmer Bentuk Salib

    Sesuai bentuknya yaitu salib, pemesan dari model ini adalah dari mereka yang berkeyakinan Nasrani. Nisan yang yang berbentuk salib terkadang juga diberi tulisan ayat-ayat suci.

Selain menyesuaikan modelnya, harga nisan makam juga menyesuaikan panjang dan nisan yang dipesan. Umumnya, nisan makam dipatok dengan harga pada kisaran Rp 1.200.000 atau lebih.

Artikel Terkait  Makam Tipe Semi Private di San Diego Hills
info diskon? chat dengan saya