fbpx

9 Kelebihan Kremasi Jenazah Covid 19 Dibandingkan Dengan Dikubur

Kremasi Jenazah merupakan metode menghilangkan tubuh jenazah dengan cara dibakar. Tubuh jenazah akan dimasukkan ke dalam tungku panas setelah itu proses pembakaran akan mereduksi jasad tersebut menjadi senyawa kimia dasar. Senyawa tersebut adalah gas, abu dan juga fragmen mineral.

Penyimpanan abu dari hasil pembakaran ini akan dikembalikan ke pihak keluarga. Bisa disimpan ke dalam guci, kemudian bisa disimpan di rumah abu atau bisa juga di larung di laut. Yang penting diketahui saat menyimpan abu kremasi ini tidak boleh disimpan di dalam rumah.

Menurut kepercayaan abu yang disimpan bersama dengan orang-orang yang masih hidup bisa berpengaruh terhadap kehidupan orang tersebut.

rumah abu san diego hills

Ada banyak kelebihan kremasi jenazah Covid 19 dibandingkan dengan dikubur. Hal positif inilah yang harus diperhatikan oleh pihak keluarga sehingga bisa mempertimbangkan kremasi sebagai metode pemakaman yang bisa dipilih.

Simak beberapa keunggulanmelakukan kremasi jenazah berikut ini :

1. Praktis

Kunggulan kremasi jenazah Covid 19 dibandingkan dengan dikubur yang pertama adalah lebih praktis.

Alasan mengapa kremasi jenazah Covid ini lebih praktis karena prosesnya yang tidak memakan banyak waktu dan mudah. Jika ingin kremasi pihak keluarga tinggal menyerahkan jenazah ke jasa krematorium sedangkan abunya bisa diambil dalam waktu 1×24 jam.

Proses kremasi in sendiri memakan waktu paling lama 3 jam sehingga keluarga bisa pulang terlebih dahulu sampai menunggu proses kremasi selesai.

2. Biaya Prosesi Jenazah yang Lebih Hemat

Kelebihan kremasi jenazah Covid 19 dibandingkan dengan kubur adalah biaya prosesi jenazah yang lebih hemat.

Untuk pemakaman, biaya untuk mengurus prosesi jenazah ini lebih mahal dibandingkan dengan kremasi, untuk di San Diego Hills hanya Biaya pemakaman Covid 19 nya saja di butuhkan biaya sebesar Rp 27 Juta

Artikel Terkait  Jumlah Yang Melakukan Kremasi Jenazah Covid 19 mengalami peningkatan tinggi

Untuk kremasi biayanya mulai dari 3 juta sampai dengan 5 juta rupiah. Untuk pemakaman biaya prosesi jenazahnya jauh lebih mahal karena ada banyak perlengkapan dan peralatan yang harus disiapkan.

3. Harga Rumah Abu yang Jauh Lebih Murah Dari Lahan Kuburan

Berbeda dengan jenazah yang dikuburkan, yang memerlukan sebuah lahan tanah makam dengan harga yang tinggi. untuk harga lahan makam khusus Corona di San Diego Hills di patok harga terendahnya sebesar Rp 185 Juta. Bandingkan dengan harga rumah abu yang hanya sebesar Rp 22,8 juta saja , terpaut harga yang sangat jauh bukan ?

Untuk info lengkapnya bisa anda baca disini Harga Rumah abu Di San Diego Hills

Guci berisi abu juga bisa dilarungkan di laut ataupun disimpan di rumah sendiri

4. Tidak Memerlukan Banyak Lahan

Hal yang positif lainnya kremasi jenazah Covid 19 ini tidak membutuhkan banyak lahan, berguna untuk ketersediaan tanah dimasa depan.

Abu memiliki massa lebih ringan dibandingkan dengan jenazah manusia, sehingga jenazah yang sudah dikremasi ini tidak memerlukan banyak lahan.

5. Biaya Pemeliharaan yang Rendah

Pemakaman dengan cara dikubur ini membuat pihak keluarga menanggung biaya pemeliharaan makam yang tidak sedikit. Lahan pemakaman mewajibkan biaya pemeliharaan setiap tahunnya. Jika pihak keluarga tidak membayarnya maka lahan tersebut akan digusur untuk digantikan dengan jenazah lainnya.

Biaya pemeliharaan ini terus berkelanjutan sehingga akan membuat pihak keluarga merasa terbebani. Jumlah nominalnya pun tidak sedikit. Berbeda dengan jenazah yang dikremasi dimana biaya pemeliharaan jauh lebih murah. Hal tersebut dikarenakan perawatan untuk rumah abu ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan lahan pemakaman biasa.

Walaupun sekarang sudah ada beberapa pemakaman swasta yang menggratiskan biaya pemeliharaan makam sehingga hal ini sangat menarik sekali. Contohnya seperti di San Diego Hills yang mana biaya pemeliharaan makamnya gratis, Anda cukup sekali bayar untuk seumur hidup.  Biaya tambahan akan dibebankan kepada keluarga jika ingin buka tutup rumah abu, mengganti plat nama dan sebagainya.

Artikel Terkait  Makam Tipe Private Estate di San Diego Hills

Namun tetap saja Kremasi lebih unggul, karena biaya tanah lahan pemakaman swasta yang sudah sangat mahal

6. Tidak Merepotkan Keluarga Yang Ditinggalkan

ada 2 pilihan yang sering dilakukan setelah melakukan kremasi

  1. Abu Jenazah Di Larungkan di Laut
  2. Abu Jenazah Di Simpan Di Rumah Abu Atau Columbarium

Di Larungkan Di Laut Tentu Ini pilihan yang baik karena keluarga yang di tinggalkan maupun keturunannya selamanya tidak perlu lagi merawat ataupun membayar biaya sewa rumah abu.

Tapi bagi Yang Abunya mau disimpan di Rumah Abu, sekarang ini sudah banyak Jasa Rumah Abu yang gratis biaya sewa selamanya alias permanen tanpa di pungut biaya sewa tempat lagi. kelebihan membeli tempat rumah abu juga sebagai kenangan dan bisa mendekatkan diri kepada keluarga yang meninggal, dimana pada suatu saat ingin sembahyang atau berdoa bisa datang langsung ke rumah abunya.

7. Fleksibel

Kelebihan kremasi jenazah Covid 19 dibandingkan dengan dikubur yang penting diketahui adalah fleksibel. Pihak keluarga bisa mendapatkan beberapa pilihan yang tidak bisa didapatkan dengan cara pemakaman dikubur.  Keluarga bisa memilih untuk larung abu di laut atau dengan menaruhnya di rumah abu. Dengan pilihan ini pihak keluarga bisa memilih pilihan terbaik menurut mereka.

8. Ramah Lingkungan

Ada yang mengatakan jika kremasi ini bisa membuat polusi udara menjadi meningkat. Jika dilakukan masih dalam batas wajar krematorium ini tidak akan merusak kualitas udara yang ada di sekitarnya. Selain itu krematorium akan jauh lebih ramah lingkungan. Berbeda dengan dikubur yang mana bisa mencemari tanah dan sebagainya.

9. Metode Kremasi Jenazah Di Era Modern Banyak Diminati

Metode kremasi Jenazah sudah ada dalam perjalanan peradaban manusia.  Ragam budaya dan kepercayaan mampu melahirkan kremasi yang mana menjadi metode penghormatan terakhir kepada orang tercinta yang pulang menuju ke keabadian. Proses kremasi sendiri sudah banyak dilakukan di negara-negara modern, sedangkan di Indonesia ini belum banyak dilakukan karena masih sedikit asing.

Artikel Terkait  Kekurangan Lahan Pemakaman, Sebagian Keluarga Memilih Jenazah Covid 19 Di Kremasi

Namun sejak pandemi Covid-19 ini metode kremasi banyak dipilih terutama untuk yang beragama non muslim. Krisis lahan pemakaman untuk korban Covid ini membuat banyak keluarga yang lebih memilih cara kremasi.

Kremasi ini memang lebih murah, selain itu juga menjadi pilihan terbaik bagi yang memiliki dana terbatas dan menginginkan sesuatu yang simpel. Namun kembali lagi mau dikremasi maupun dikubur pilihan tersebut sangat personal sehingga harus dicapai kesepakatan bersama terlebih dahulu, semoga beberapa kelebihan kremasi jenazah Covid 19 dibandingkan dengan dikubur di atas bermanfaat untuk Anda.

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Telepon