fbpx

Kisah Pemilik San Diego Hills, Alasan Mengapa Beliau Membangun Pemakaman Swasta

Pemilik San Diego Hills – Biasanya Tempat Pemakaman Umum (TPU) adalah salah satu tempat yang identik dengan kesan seram. 

Belum lagi bila Tempat Pemakaman Umum tersebut tidak terawat dan banyak orang yang tidak berkepentingan berada dikuburan, Tentu saja suasananya akan menjadi semakin tidak nyaman ketika kita berada disana.

Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi salah satu Tempat Pemakaman San Diego Hills yang berlokasi di Karawang Barat, tepatnya berada di KiloMeter 46 TOL dari arah Jakarta.

Pasalnya, pemakaman San Diego Hills Karawang ini terlihat sangat indah, rapi, serta memiliki berbagai fasilitas yang bahkan dapat digunakan untuk wisata.

San Diego Hills Memorial Park and Funeral Home

San Diego Hills yang aslinya bernama lengkap San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Home ini bisa di bilang adalah salah satu pemakaman swasta termewah di Indonesia.

Pemakaman ini dinilai sebagai pemakaman pertama dunia yang mengkolaborasikan antara konsep pemakaman elegan, seperti halnya Forest Lawn di Amerika Serikat, dengan budaya-budaya yang terdapat di Indonesia.

Belakangan, nama San Diego Hills sendiri banyak diperbincangkan oleh masyarakat. Hal tersebut tidak lain karena Tokoh publik terkenal seperti

  • Ashraf Sinclair
  • Arswendo Atmowiloto
  • Ferry Wijaya
  • hingga founder dari Astra,
  • William Suryajaya,

Pihak keluarganya memilih tempat ini sebagai tempat peristirahatan terakhir keluarga mereka.

Siapa yang Punya San Diego Hills ?

San Diego Hill Memorial Parks and Funeral Home didirikan pada tahun 2007 di atas tanah seluas 350 Ha oleh pendiri dari Lippo Group, Mochtar Riady. Bahkan, San Diego Hills juga akan melakukan ekspansi di beberapa wilayah di Indonesia.

Mochtar Riyadi san diego hills

Awal Mula Ide Pendirian Kuburan San Diego Hills, dikatakan oleh Pemilik San diego Hills Bapak Mochtar Riady, berawal dari pengalaman pribadinya ketika hendak memindahkan makam orang tua mereka.  Karena suasana lokasi pemakaman di TPU Malang yang tidak nyaman, Mochtar Riady kemudian memindahkannya di lahan miliknya yang berada di Karawang ,

Lalu dengan seiring berjalannya waktu di lokasi yang luas tersebut itulah dikembangkan menjadi sebuah tempat pemakaman umum bernama San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Home. Mengusung konsep seperti halnya Forest Lawn di Amerika Serikat, Mochtar Riady membuat San Diego Hills menjadi sebuah memorial park yang tidak menyeramkan seperti TPU milik pemerintah.

Tanah Pemakaman San Diego Hills Milik Siapa ?

Menurut Mochtar Riady, kematian tentu saja membawa kesedihan bagi yang ditinggalkan. Akan tetapi, pemakaman yang saat ini banyak tersedia bukannya mengurangi kesedihan orang-orang yang ditinggalkan, melainkan menambah kesedihan karena ketidaknyamanan serta ketidaktersediaannya fasilitas di pemakaman.

Oleh karena itu, ia membuat San Diego Hills menjadi sebuah pemakaman yang nyaman dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap.

Tanah seluas 350 hektar Ini adalah milik Lippo Group, namun tanah makam tersebut sudah mendapat izin oleh pemerintah daerah untuk dibangun sebuah area pemakaman komersil.

Dikarenakan sistem di sini adalah makam permanen, alias pembeli lahan makam tidak perlu lagi membayar biaya sewa tanah makam, maka Pemilik San Diego Hills berhak mendapat sertifikat makam yang di beri nama Surat Kolektif Makam (SKM).

Pilihan Lahan Pemakaman

Berbeda dengan pemakaman pada umumnya, San Diego Hills memiliki konsep memorial park yang tidak menyeramkan serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti:

  • Chapel,
  • Mushola
  • Restoran
  • Kolam renang
  • Tempat bermain anak
  • Danau
  • dan lain sebagainya.

Info Lengkap Tentang 15 Fasilitas San Diego hills bisa anda baca disini, klik disini.

San Diego Hills sendiri menawarkan setidaknya empat tipe bentuk lahan makam yaitu,

  1. Single Burial
  2. Semi Private
  3. Private Estate
  4. Peak Estate

Untuk mengetahui harga tanah makam di San Diego Hills, anda bisa klik nama tipe makam tersebut diatas.

Tidak hanya itu, calon Pemilik San Diego Hills juga diberikan tiga opsi nuansa pemakaman berbeda yaitu, area Chinese, Islam, dan universal.

Telepon