Proses Pemakaman dalam Islam

Pastinya anda tidak asing lagi dengan kata pemakaman ini. Dimana pemakaman merupakan suatu proses untuk menguburkan jenazah dari orang-orang yang telah meninggal dunia.

Selain itu umumnya dalam proses pemakaman ini akan ada tata cara tersendiri yang dianut oleh masyarakat. Baik berdasarkan aturan agama, aturan adat istiadat, dan lain sebagainya.

Masing masing memiliki nilai sakralitas sendiri-sendiri.

Dan berikut ini adalah informasi secara lengkap mengenai serba-serbi pemakaman yang dilakukan dengan pandangan Islam.

Tentu saja memakamkan jenazah atau menguburkan jenazah bagi umat muslim adalah suatu kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan.

dan Tentu saja dalam Islam, ada berbagai adab atau tata cara yang harus diikuti untuk memakamkan jenazah ini sebagai bentuk menghormati orang yang telah meninggal dunia dengan tata cara Islam.

Tata cara dalam proses pemakaman yang diajarkan dalam Islam juga dikenal pula sebagai pemenuhan hak hak bagi jenazah yang harus segera dipenuhi sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori Muslim menyebutkan bahwa kewajiban seorang yang memeluk agama Islam terhadap sesama umat Islam, salah satu diantaranya ialah mengiringi jenazahnya setelah ia meninggal.

Maka jelas bahwa mengurus pemakaman seorang muslim menjadi kewajiban bagi muslim lainnya.

dalam Islam, ada beberapa proses pemakaman berikut ini yang tidak boleh ditinggalkan salah satupun.

Diantaranya ialah sebagai berikut ini:

  • Proses Persiapan Memakamkan Jenazah

Dalam proses persiapan untuk memakamkan jenazah ini ada beberapa hal yang harus dilakukan. Dimana dalam proses ini anda perlu untuk melakukan perawatan jenazah dengan baik dan kemudian membuat liang kubur sesuai dengan tata cara yang juga telah diatur dalam Islam.

Dalam membuat liang kubur, ada beberapa hal yang perlu untuk anda lakukan. Pertama liang kubur harus digali dengan ukuran kedalaman tertentu agar aroma jenazah tidak tercium oleh binatang buas.

Artikel Terkait  Jenis Batu Granit San Diego Hills

Kedua, dalam membuat liang kubur ini, anda perlu membuat dua jenis liang yaitu liang lahad sebagai tempat untuk memasukkan jenazah dan yang kedua adalah liang syiq yaitu liang lahat di tengah tengah.

Ketiga, dianjurkan agar liang lahat ditutup dengan menggunakan papan kayu atau papan bambu untuk meyangga makam sehingga tidak terjadi longsor.

Keempat, keranda yang akan diguanakan untuk membawa jenazah sebaiknya ditutup rapat sehingga mampu menutupi jenazah saat digiring.

  • Proses Pengiringan Jenazah

Proses pengiringan ini hukumnya adalah fardhu kifayah bagi umat muslim. Selain itu Anda juga dianjurkan untuk mengikuti sholat jenazah meskipun sholat jenazah juga hukumnya fardhu kifayah.

  • Proses Penguburan jenazah

Dalam proses penguburan ini, dilakukan oleh kaum laki-laki dan dianjurkan yang masih menjadi kerabat terdekat. Dalam meletakkan jenazah, bagian atas tubuh sebelah kanan dan wajahnya dihadapkan kearah kiblat.

Saat memasukkan jenazah ke dalam liang lahat disunnahkan untuk membaca doa. Jika jenazah adalah seorang wanita maka dianjurkan untuk membentangkan kain diatas jenazahnya.

Setelah itu, liang lahat dituup denagn kayu atau bambu. Kemudian tanah yang digunakan untuk menguburkan ditinggikan setidaknya sejengkal lebih tinggi untuk membedakan dengan tanah sekitar.

 

Itulah proses pemakaman yang perlu untuk dilakukan dengan kaidah dan tata cara yang diatur dalam Islam.

Tentu saja tata cara diatas juga menjadi hak bagi jenazah yang telah meninggal dunia. Harapannya dengan mengetahui informasi diatas mampu membuat anda menajdi semakin paham bagaimana cara atau proses untuk melakukan proses penguburan atau memakamkan jenazah.

Kategori info
info diskon? chat dengan saya